Forum Nandur Becik #3: Kenapa Content Marketing ?
08.05
0
Istilah Content Marketing menjadi popular seiring dengan digitalisasi informasi. Dulu, konsumen
pasif dan hanya menjadi objek penerima informasi, sekarang justru posisi konsumen sebagai subjek
dan secara aktif terlibat dalam pencarian informasi. Dulu perusahaan hanya mengandalkan iklan
sebagai lini depan strategi promosi, sekarang orang-orang benci dengan iklan, bahkan 2 juta orang
menggunakan aplikasi pemblokir iklan.
Oleh karenanya, praktik pemasaranpun turut berubah. Perusahaan-perusahaan berbagai skala
berlomba-lomba menciptakan konten. “Content is the king”, katanya. Faktanya memang berbicara
demikian. Menurut penelitian yang dilakukan Content Marketing Institute, lebih dari 70%
perusahaan mempekerjakan “Content Marketer”. Hasilnya memang menjanjikan. Nell Patel, seorang
content marketing expert menyebutkan content marketing dapat menciptakan traffic 7,8 lebih tinggi
dibandingkan iklan. IBM Digital Experiences survey bahkan menyebutkan content marketing dapat
menciptakan keterlibatan konsumen terhadap produk atau merek tertentu.
Di Indonesia sendiri, content marketing sudah banyak diaplikasikan oleh beberapa merek. Kalau kita
ingat di pertengahan tahun 2015, sebuah aplikasi messanger LINE membuat konten video untuk
mempromosikan salah satu fitur terbarunya, dengan mengangkat kembali kisah Ada Apa Dengan
Cinta. Konten tersebut kemudian viral dan berhasil menyedot perhatian khalayak luas. Setelah itu,
tren content marketing semakin berkembang tidak hanya berupa video, tapi juga audio, foto,
infografik, bahkan berupa teks.
Bagi pebisnis pemula, menerapkan content marketing menjadi alternatif solusi pemasaran ditengah
gempuran iklan yang tentunya membutuhkan lebih banyak biaya. Oleh karena itu, Forum Nandur
Becik 3 hadir kembali dengan tema Content Marketing. Berkolaborasi dengan Bobo Magz, seorang
visual artist, dan Tino Renato, seorang fotografer profesional, Forum yang diadakan pada Kamis, 27
April 2017 ini ingin menjadi wadah untuk para pebisnis pemula, pendiri start-up, maupun digital
enthusiast berdiskusi menggali lebih dalam bagaimana konten bekerja untuk pemasaran. FNB,
begitu acara ini lebih dikenal bertempat di Rumah Sasongko, Jalam Gotong Royong No. 147, Gombel Lama, Semarang. Silahkan melakukan registrasi terlebih dahulu di s.id/fnb3.
Bagikan ke aplikasi lainnya